askuning15 askuning15 askuning15 askuning15 askuning15 askuning15 askuning15 askuning15 askuning15 askuning15 askuning15 askuning15 askuning15 askuning15 askuning15 askuning15 askuning15 askuning15 askuning15 askuning15 askuning15 askuning15 askuning15 askuning15 askuning15 askuning15 askuning15 askuning15 askuning15 askuning15 askuning15 uote>

KESEHATAN

Cara mengobati diabetes kering secara tradisiona

Diabetes Kering – Penyakit Diabetes atau sering di sebut juga dengan penyakit Kencing manis merupakan  penyakit yang di sebabkan oleh meningkatnya kadar gula didalam tubuh secara menerus. Disebut dengan penyakit diabetes kering, karena pada seseorang yang menderita penyakit diabetes kering ada kecenderungan bahwa tubuh penderita mengalami penyusutan berat badan tubuh secara drastis sehingga terlihat kurus dan kering. Penyakit diabetes biasanya terjadi pada seseorang yang mengalami obesitas dan orang yang sudah lanjut usia.


Perbedaan diabetes kering dan basah

Pada penderita diabetes kering pada umumnya mempunyai ciri-ciri fisik yang juga terlihat dari seorang penderita diabetes. Sedangkan diabetes basah adalah keadaan diabetes seseorang yang mengalami infeksi luka di bagian tubuh yang sudah mengering dan susah di sembuhkan. Luka ini akan lebih lama mongering karena kadar gula yang tinggi membuat proses pengeringan pada luka menjadi terganggu.

Penyebab Diabetes Kering

Penyebab diabetes kering ini biasanya hanya terjadi pada mereka yang menderita penyakit diabetes tanpa disertai dengan adanya luka atau juga terjadinya infeksi, sedangkan pada penyakit diabetes basah lebih pada mereka yang mempunyai komplikasi luka yang sulit mengering dan sulit untuk disembuhkan.
Penyebab diabetes kering lebih sering terjadi pada mereka yang mempunyai gula darah terkontrol dengan baik, tidak tinggi, sehingga walaupun terjadi luka, maka luka akan lebih mudah untuk ditangani dan selain itu juga bisa cepat pulih. Berikut beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab diabetes kering :
  • Pola makan yang tidak sehat dan tidak teratur secara baik.
  • Konsumsi makanan yang mengandung rasa manis secara berlebihan, makan makanan ringan terlalu banyak, soft dirink dan makanan lainnya.
  • Kelebihan berat badan atau Obesitas.
  • Faktor genetik atau faktor keturunan.
  • Efek dari Obat-obatan kimia
  • Kebiasaan buruk dan pola hidup tak sehat.

Cara mengobati diabetes kering secara tradisional


Upaya Pencegahan Diabetes Kering

Upaya pencegahan terhadap bahaya sakit diabetes kering tidak bisa di pisahkan dari segi penyebabnya, termasuk dalam hal ini adalah menghindari beberapa jenis makanan yang bisa memicu resiko diabetes kering. Berikut beberapa jenis makanan yang bisa anda batasi / hindari sebagai salah satu upaya pencegahan diabetes kering :
  1. Permen – makanan jenis permen mempunyai kandungan gizi dan karbohidrat yang rendah sehingga berpotensi menambah berat badan dan juga kadar gula darah naik.
  2. Jus buah – Makan jenis ini kurang baik jika dikonsumsi oleh pendrita penyakit diabetes. Kandungan gula yang ada dalam jus buah akan menyebabkan naiknya kadar gula darah didalam tubuh.
  3. Kismis – Jenis buah kismis dan beberapa jenis buah lainnya bisa juga mengakibatkan kenaikan pada gula darah Anda jika di konsumsi secara berlebihan.
  4. Pancake – Mengkonsumsi pancake bisa menjadi pemicu naiknya karbohidrat didalam tubuh. Batasi atau hindari mengkonsumsi makanan jenis ini secara berlebihan.
  5. Kentang goreng – Kentang meruapan jenis makanan yang banyak di gemari oleh masyarakat pada umumnya. Namun dengan konsumsi kentang secara terus terusan bisa menambah berat badan secara cepat dan pada akhirnya beresiko besar mengalami kenaikan gula darah didalam tubuh.

Cara mengobati diabetes kering secara tradisional

Selain upaya pencegahan. bagi penderita diabetes kering bisa melakukan beberapa upaya pengobatan termasuk salah satunya adalah pengobatan secara tradisional. Pengobatan tradisional adalah upaya pengobatan dengan memanfaatkan beberapa jenis / bahan alami tradisional yang bisa di dapatkan di lingkungan sekitar. Berikut beberapa jenis makanan atau bahan alami tradisional yang bisa anda manfaatkan untuk pengobatan diabetes kering :


1. Tapak Dara


Image result for gambar tapak dara             

Tapak dara adalah salah satu jenis tanamaan tradisonal yang banyak sekali di manfaatkan untuk pengobatan secara herbal termasuk sebagai upaya pengobatan diabetes kering. Dalam tanaman tapak dara mempunyai kandungan alkaloid yang bisa bekerja dalam membantu mengatasi penyakit diabetes. Dengan kandungan alkaloid maka gula darah bisa diatasi dan juga bisa membantu dalam mengatasi masalah produksi insulin didalam tubuh.


02. Sambiloto


Image result for gambar sambiloto

Tentu sudah banyak yang tau tentang manfaat tanaman satu ini. Daun sambiloto mempunyai kandungan flavonoid yang sudah terbukti sangat ampuh dalam membantu menurunkan kadar gula darah dan akan membantu dalam memproduksi insulin didalam tubuh. Cara meramunya juga mudah, cukup anda rebus daun sambiloto lalu di munim sari aor rebusannya.


03. Pegagan


Image result for gambar pegagan

Pegagan adalah salah satu jenis tanaman tradisional yang mempunyai banyak manfaat positif dan terbukti bisa menyembuhkan beberapa jenis penyakit, salah satunya adalah membantu dalam menurunkan kadar gula darah sehingga akan sangat baik dikonsumsi oleh mereka yang menderita penyakit gula kering. Kandungan anti toksin dan anti infeksi dalam pagagan dapat bekerja dengan baik sebagai obat tradisional.


04. Cabai


Image result for gambar cabe

Cabai merupakan salah satu rempah-rempah bumbu dapur yang sangat baik untuk dikonsumsi oleh penderita penyakit diabetes. Hal ini karena adanya kandungan zat karotenoid didalamnya yang bisa membantu dalam menstabilkan kadar gula darah didalam tubuh.


05. Kedelai


Image result for gambar kedelai

Kedelai adalah salah satu jenis bahan makanan yang baik di konsumsi bagi penderita diabetes kering. Dalam kedelai terdapat kandungan gizi protein stabil yang dapat membantu dalam mengurangi pengeluaran urin yang tinggi.


06. Pare


Image result for gambar pare

Pare merupakan salah satu jenis makanan yang sangat baik dikonsumsi oleh penderita penyakit diabetes kering. Kandungan zat besi, serat dan juga kalsium didalamnya dengan jumlah yang sesuai ini sangat baik untuk membantu mengantasi sakit diabetes kering. Jenis buah pahit ini selain baik untuk penderita diabetes kering, baik juga bagi penderita diabetes basah karena kandungan gula yang ada didalamnya cukup rendah.
Demikian resep pengobatan diabetes ini, semoga tulisan ini bermanfaat baik yang sudah terkena penyakit diabetes, maupun sebagai penjagaan bagi yang belum. Selamat mencoba.







SEJUTA MAN FAAT BUAH APEL

(  Bagian I  )


SEBAGAI buah yang mengandung banyak serat, apel merupakan jenis makanan yang paling ampuh membantu program diet. Tak hanya itu saja, apel juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.
Para ilmuwan mendorong kita untuk lebih banyak mengudap makan apel. Pasalnya, buah yang satu ini merupakan obat terbaik untuk atrofi otot. Atrofi otot melibatkan sejumlah masalah serius, tetapi tidak ada obat yang telah ditemukan untuk menyembuhkannya.Para peneliti dari University of Iowa telah mulai memelajari aktivitas gen yang berhubungan dengan otot untuk menemukan zat yang dapat mengganggu penyakit. Mereka telah mengidentifikasi komponen penting dalam kulit apel. Zat ini adalah asam ursolic. Percobaan pada tikus telah menunjukkan, bahwa mengonsumsi apel memberikan kenaikan 15 persen dari massa otot. Namun, berat total tikus yang diberi pakan dengan asam ini tetap sama, sedangkan jumlah lemak dikurangi lebih dari setengah. Demikian menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Cell Metabolism yang dikutip dari Genius Beauty, Selasa (21/6/2011). Para ilmuwan percaya bahwa peran asam ursolic terdiri dalam pemrograman gen yang bertanggung jawab atas hilangnya massa otot dan penggantian dengan lemak.Sedangkan untuk apel, mereka juga dapat menurunkan kadar gula darah, tingkat asam lemak, dan kolesterol. Tak hanya itu saja, menurut para ilmuwan, buah ini membantu penderita diabetes karena sifat alaminya.




SEJUTA MANFAAT BUAH APEL
     (  Bagian II  )




Buah Apel adalah buah yang lezat dan enak dan banyak diminati serta banyak kandungannya. Apel merupakan buah yang salah satunya dapat di jadikan sebagai Anti Oksidan bagi tubuh kita. Dengan banyak manfaat itu maka, Buah apel dapat di jadikan sebagai obat dari berbagai penyakit..

Adapun manfaat buah apel bagi tubuh kita antara lain :
1. mampu melakukan regenerasi sel / menunda proses penuaan
2. memperbaiki otot - otot pencernaan pada saluran pembuangan
3. mampu menstabilkan gula darah
4. mampu menyerap kelebihan cairan dan membersihkan racun di dalam usus
5. mampu menyembuhkan penyakit jantung kronis
6. menurunkan kolesterol dan meningkatkan HDL
7. mampu melawan radang sendi (arthritis)
8. mampu mengendalikan dan mencegah obesitas / kegemukan / kelebihan berat badan
9. mengatasi diare
10. menyembuhkan sembelit
11. menurunkan tekanan darah
12. sebagai obat anti kanker
Kandungan yang bermanfaat dari buah apel :
1. Fosfor
2. Magnesium
3. Potassium
4. Karoten
5. Pektin
Tips memilih buah apel yang baik :
1. pilihlah buah apel yang masih keras, jangan pilih yang lembek / bonyok
2. buah apel tersebut memiliki warna yang cerah (tidak pucat) dan terlihat segar
3. berbentuk bulat tanpa ada lubang ataupun kerutan di kulitnya.





RESEP PENAKLUK KOLESTEROL




Kolesterol memang dibutuhkan oleh tubuh, namun apabila berlebihan kolesterol tersebut akan membahayakan kita. Apalagi kolesterol ada yang baik dan ada yang jahat. Oleh karena itu kita harus berusaha bagaimana ter-
hindar dari kolesterol jahat dan berlebihan. Salahsatunya resep bagaimana kita terhindar dari kolesterol, adalah resep yang ditawarkan oleh Drs.Sudhaswadi Wiryodidagdo, dosen Fakultas Farmasi Universitas Pancasila Jakarta. Resep ini selain bebas efek samping juga secara empiris resep ini telah digunakan secara turun temurun sebagai pembasmi kolesterol. Adapun resep tersebut adalah :


1. Alpukat
    1/2 - 2 buah Alpukat matang dimakan begitu saja sebagai buah dengan menggunakan sendok.


2. Wortel
    5 buah wortel segar ukuran sedang dicuci bersih, lalu diblender atau diparut, kemudian diperas
       dan diminum airnya sekaligus. Lakukan setiap hari.


3. Jamur Lingzhi
    10 gram jamur Lingzhi, dipotong-potong. direbus dengan 3 gelas air sehingga tersisa 1 gelas.
     Setelah dingin  airnya diminum sekaligus.


4. Rumput laut 
    30 gram Rumput laut, digiling menjadi bubuk, lalu masukkan ke dalam cangkir, lalu diseduh
    dengan air men
    didih, Minum air tersebut setiap hari.


5. Belimbing manis
    2 buah belimbing manis besar, dimakan setelah makan siang dan makan malam, masing-masing 
    1 buah.


6. Daun Asam
    12 gram daun asam segar, dicuci bersih, lalu didihkan dengan air 1 gelas selama 15 menit. 
     setelah dingin
     disaring lalu diminum airnya.


7. Bawang merah
    20 gram bawang merah segar, kemudian diiris-iris dan dimakan bersama nasi. Lakukan 3 kali 
     sehari.


8. Bawang putih
    1-2 siung bawang putih, diiris - iris kecil - kecil lalu ditelan. Lakukan 2 kali sehari.


9. Temulawak
    3 jari rimpang temulawak segar, dikupas kulitnya, lalu diparut, tambahkan 3/4 cangkir air panas, 
    dan biarkan mengendap, lalu diminum airnya.


10. Buncis
      30 gram buncis segar, lalu dicuci bersih, dan direbus, setelah layu diangkat dan setelah dingin 
      dimakan dengan nasi.


11. Daun Murbei
      10 gram daun murbei segar, dicuci bersih dan direbus dalm 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas, 
      setelah di
      ngin diminum dan lakukan setiap hari.


12. Saledri
      30 gram akar saledri segar, dicuci bersih dan direbus dengan 2 gelas air, hingga tersisa 1 gelas, 
      setelah dingin disaring dan diminum airnya.


13. Sirih 
      15 lembar daun sirih segar, dicuci bersih lalu irebus dalam 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. 
       Setelah dingin  disaring dan diminum sekaligus. Lakukan setiap hari.




KHASIAT KULIT MANGGIS DAN DAUN SIRSAK



Indonesia memang rajanya segala tumbuhan, lebih dari jutaan ribu tumbuhan tumbuh di tanah indonesia dan dua diantaranya adalah kulit manggis dan daun sirsak. Namun di indonesia sendiri hanya sebagian orang yang mengetahui khasiat kulit manggis dan daun sirsak ini karena minimnya pengetahuan, bahkan ada pula yang menyepelakan kedua tumbuhan tersebut. Namun setelah di teliti oleh pakar-pakar ilmu kesehatan ternyata kulit manggis dan daun sirsak memiliki kandungan dan khasiat yang sangat luar biasa untuk mengobati dan menyembuhkan berbagai jenis penyakit kronis dan akut.

Berikut Kandungan Serta Khasiat Kulit Manggis Dan Daun Sirsak.

Khasiat Dan Kandungan Kulit Manggis.

Siapa yang tak kenal buah manggis yang enak dan segar, namun anda pasti tidak terpikir kalau manggis tidak hanya memiliki buahnya saja yang segar, siapa sangka kalau kulit manggis juga kaya akan khasiatnya. Manggis merupakan salah satu buah eksotik daerah tropis, buah manggis mendapat julukan “queen of fruits” yaitu ratunya buah tropis. Di balik keeksotikannya, manggis menyimpan berbagai manfaat yang luar bisa bagi kesehatan. Berbagai penelitian menunjukan kulit buah manggis mengandung zat antioksidan yang sangat kuat melebihi beberapa kali lipat dari kekuatan vitamin C dan E. Sehingga buah manggis memberikan berbagai khasiat untuk kesehatan dan kecantikan.

Buah manggis kaya akan vitamin B1, B2 dan C, serta kalsium, potassium, sodiumdan zat besi. Manggis juga mengandung XANTHONE, mangostin, garsinon, flavonoid, epicatechin, spingomyolinase dan gartanin. Dalam kulit buahnya, kandungan XANTHONE yang tertinggi, yaitu 40 persen. Dengan kandungan XANTHONE yang tinggi(123,97 mg/ml), dalam kulit buah manggis yang mana dapat membunuh penyakit dan memperbaiki sel yang telah rusak serta melindungi sel-sel di dalam tubuh. XANTHONE adalah substansi kimia alami, yang tergolong senyawa polyhenolic yang dapat digunakan sebagai zat untuk mengatasi berbagai penyakit. XANTHONE memiliki manfaat sebagai pengobatan untuk penyakit jantung, aterosklorosis (plak di pembuluh darah), hipertensi dan trombosis.

Buah manggis kaya akan vitamin B1, B2 dan C, serta kalsium, potassium, sodiumdan zat besi. Manggis juga mengandung XANTHONE, mangostin, garsinon, flavonoid, epicatechin, spingomyolinase dan gartanin. Dalam kulit buahnya, kandungan XANTHONE yang tertinggi, yaitu 40 persen. Dengan kandungan XANTHONE yang tinggi(123,97 mg/ml), dalam kulit buah manggis yang mana dapat membunuh penyakit dan memperbaiki sel yang telah rusak serta melindungi sel-sel di dalam tubuh. XANTHONE adalah substansi kimia alami, yang tergolong senyawa polyhenolic yang dapat digunakan sebagai zat untuk mengatasi berbagai penyakit. XANTHONE memiliki manfaat sebagai pengobatan untuk penyakit jantung, aterosklorosis (plak di pembuluh darah), hipertensi dan trombosis.

Kandungan antioksidannya yang tinggi membuat manggis dikatakan sebagai antikanker. Pasalnya, dapat mendorong sel kanker untuk melakukan apoptosis atau pemusnahan sel kankernya. Selain itu, sifat kulit manggis adalah antiproliferasi yaitu menghambat pertumbuhan sel kanker. Kanker yang dapat diobati oleh antioksidan kulit manggis ini adalah kanker payudara, kanker darah (leukimia), kanker lambung, kanker paru-paru, kanker kolon (usus besar) dan kanker hati. Kulit buah manggispun dapat dijadikan obat kemotherapi dan mengurangi dampak dari kemotherapi. XANTHONE juga dikatakan sebagai anti bakteri karena dapat menghambat pertumbuhan bakteri Mycobacterium tubercolosis (TBC) dan Staphylococcus aureus (bakteri penyebab infeksi dan gangguan pencernaan).

Khasiat Dan Kandungan Daun Sirsak.

Sirsak (Annona Muricata L) selain memiliki buah yang segar dan menyehatkan tubuh, ternyata memiliki daun yang dapat menjadi obat untuk penyembuhan penyakit kanker. Hasil dari penelitian secara ilmiah daun sirsak mengandung anopentosin A, anopentosin B, Anopentosin C, murikatosin acetoginin A, murikatosin B, murikapentosin, anomurisin E. Acetogenins di dalam sirsak inilah yang mampu melawan lebih dari 12 macam kanker diantaranya kanker paru-paru, kanker usus besar dan yang lainnya tanpa mengganggu sel-sel dalam tubuh manusia.

Berbagai Manfaat daun sirsak bagi kesehatan tubuh.

  • Menyerang dan mematikan sel kanker dengan aman (selektif) dari 12 tipe kanker yang berbeda, diantaranya kanker usus besar, kanker payudara, kanker serviks, kanker prostat, kanker paru-paru, dan kanker pankreas. Secara efektif secara alami, tanpa rasa mual, berat badan turun, rambut rontok, seperti yang terjadi pada terapi kemo.
  • Meningkatkan sistim kekebalan tubuh (imunitas) dan mencegah infeksi yang mematikan.
  • Memiliki daya kerja 10.000 kali lebih kuat dalam memperlambat pertumbuhan sel kanker dibandingkan dengan adriamicin dan terapi kemo yang biasa di gunakan.
  • Tidak seperti terapi kemo, kandungan alami daun sirsak secara selektif hanya membunuh sel-sel jahat dan TIDAK membunuh sel-sel sehat.
  • Meningkatkan stamina dan vitalitas.
  • Terbukti secara ilmiah, dan sudah dibuktikan juga oleh banyak penderita kanker sebagai solusi alami, aman, dan murah untuk mengobati kanker.

Kemampuan daun sirsak sebagai antikanker sebenarnya sudah berhasil di analisa oleh para ahli farmasi di Amerika pada medio tahun 1976. Berdasarkan data dan hasil penelitian, daya kerja zat anti kanker di dalam tanaman sirsak adalah 10.000 kali lebih kuat dalam membunuh dan memperlambat pertumbuhan sel kanker secara alami dibandingkan dengan Adriamycin dan Terapi Kemo yang biasa digunakan. Tidak seperti terapi kemo, sari buah ini secara selective hanya memburu dan membunuh sel-sel jahat dan TIDAK membahayakan/ membunuh sel-sel sehat.

Beberapa peneliti di Health Sciences Institute mengakui jika buah sirsak memberikan efek anti tumor/kanker yang sangat kuat, dan terbukti secara medis menyembuhkan segala jenis kanker. Selain menyembuhkan kanker, buah sirsak juga berfungsi sebagai antibakteri, antijamur (fungi), efektif melawan berbagai jenis parasit/cacing, menurunkan tekanan darah tinggi, depresi, stres, dan menormalkan kembali sistem syaraf yang kurang baik.

Kini khasiat kulit manggis dan daun sirsak dapat anda temukan dalam produk obat herbal Ace Maxs.

Khasiat Kulit Manggis Dan Daun Sirsak

Untuk anda yang ingin merasakan kandungan serta khasiat kulit manggis dan daun sirsak kini anda bisa mendapatkannya dalam sebuah produk obat herbal Ace Maxs perpaduan kulit manggis dan daun sirsak sebagai bahan utamanya. Selain kulit manggis dan daun sirsak obat herbal Ace Maxs juga didukung oleh bahan-bahan alami lainnya seperti bunga rosella hitam dan madu murni.


8 Manfaat dan Khasiat Buah Kolang Kaling

Image result for gambar kolang kaling
Manfaat dan khasiat buah kolang kaling -- Buah ini disebut juga dengan nama buah atap,
yang menjadi salah satu cemilan yang populer di masyarakat Indonesia dengan bentuknya yang lonjong, kenyal serta berwarna putih, membuat tampilan buah ini sangat menarik ditambah lagi dengan kandungan airnya yang sangat banyak.
Buah Kolang kaling ini dapat dengan mudah untuk Kamu temui di pasar, terutama pada pasar tradisional yang banyak pedagang menjualnya, serta pada masa Ramadhan atau 
bulan puasa maka jumlahnya dapat menjadi 
Image result for gambar kolang kaling
lebih banyak, dimana banyak pedagang di pasar maupun di rumah yang berlomba-lomba untuk menjualnya, karena memang pada bulan puasa salah satu menu berbuka yang sangat populer adalah buah kolang kaling ini.

Kolang-kaling pada bahasa Belanda disebut dengan Glibbertjes, yang artinya yaitu buah dari pohon aren (Arena Pinnata). Buah kolang-kaling ini dikenal mempunyai kadar air yang lumayan tinggi, yaitu hingga 93%. Selain airnya, biji kolang-kaling juga memiliki kandungan protein sebesar 0,69 gram, serta kandungan karbohidrat sebesar 4 gram. Buah Kolang-kaling ini kaya akan kandungan potassium, besi, kalsium, vitamin A, vitamin B, vitamin C dan juga gelatin.

8 Manfaat dan Khasiat Buah Kolang Kaling

8 Manfaat dan Khasiat Buah Kolang Kaling
Bentuk dan tekstur buah kolang kaling ini membuatnya terlihat unik, dan sangat cocok sebagai pelengkap es buah. Selain rasanya yang lezat dan bentuknya yang sangat menarik, buah yang berasal dari pohon enau ini juga mempunyai kandungan gizi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita. Seperti di dalamnya terdapat kandungan mineral seperti protasium, iron, kalsium, dimana itu semua memiliki manfaat yang dapat memperlancar proses metabolisme serta membuat tubuh menjadi sangat segar.

Walaupun memang seperti yang kita ketahui bahwa buah kolang kaling ini sangat populer dengan dijadikan campuran es buah ataupun cendol, buah yang semakin ramai ketika hadir bulan puasa ini memiliki berbagai manfaat dan khasiat untuk kesehatan tubuh, berikut di bawah ini penjelasannya.

1. Untuk memperkuat tulang

Image result for gambar kolang kaling










Orang-orang sangat rajin untuk mengkonsumsi susu karena memiliki kandungan kalsium yang tinggi untuk tubuh, sehingga susu sangat bermanfaat untuk pertumbuhan tubuh, terutama untuk anak-anak yang memang dalam masa pertumbuhan. Akan tetapi susu memiliki risiko berupa kalori yang tinggi, sehingga apabila dikonsumsi secara berlebihan juga sangat tidak baik karena dapat membuat tubuh menjadi kegemukan.

Dan pada buah kolang kaling ini pada setiap 100 gram kolang-kaling mengandung 91 mg kalsium, sedangkan susu sapi murni pada setiap 100 gram susu sapi murni mengandung 125 mg kalsium. Sehingga dengan begitu mengkonsumsi buah kolang kaling ini juga bisa dijadikan alternatif yang cukup baik sebagai sumber kalsium selain dari susu.

2. Sebagai makanan diet

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para ahlinya, bahwa pada 100 gram buah kolang-kaling ini mengandung hingga 0,69 gram protein, karbohidrat sebanyak 4,0 gram, kadar abu sebesar 1 gram, dan serat kasar sebesar 0,95 gram. Adapun untuk kadar air pada buah kolang-kaling ini sangat tinggi yaitu hingga 94% yang dengan kadar air tinggi tersebut membuat buah kolang-kaling menjadi sangat segar di tubuh ketika Kamu konsumsi.

Kemudian pada kolang kaling juga terkandung gelatin yang memiliki efek bagi yang mengkonsumsinya akan timbul rasa kenyang, sehingga apabila memang Kamu dalam keadaan nafsu makan yang berlebihan, maka jangan khawatir karena buah kolang-kaling ini akan membuat hilang pada nafsu makan yang berlebihan itu.

3. Sebagai obat radang sendi.

Pada buah kolang-kaling memiliki kandungan zat galaktomanan yang memiliki khasiat untuk menyembuhkan atau minimalnya dapat meredakan penyakit pada radang sendi. Jika Kamu dalam proses pengobatan, maka Kamu dapat memakan buah kolang-kaling ini sebanyak 100 gram atau lebih sedikitnya pada setiap hanya. Untuk mengkonsumsi buah kolang-kaling ini dalam keadaan yang demikian maka disarankan untuk dikonsumsi dengan direbus tanpa memakai segala macam perwarna dan gula.

4. Buah Kolang kaling kaya akan kandungan serat


Buah kolang kaling mengandung air dan serat yang cukup banyak, dimana serat ini sebuah zat yang bermanfaat bagi kesehatan pencernaan kita, dimana dengannya kita dapat terhindari dari namanya susah buang air besar, sembelit dan bahkan diare sekalipun. Dengan mengkonsumsi 5 sampai 10 butir kolang kaling pada setiap harinya, itu sangat berkhasiat untuk memperlancar pencernaan Kamu, selain itu kolang kaling juga populer dan sangat baik untuk menjalankan program diet yang sehat.

5. Buah kolang kaling berkhasiat untuk memperkuat tulang

Buah kolang kaling ini memiliki manfaat dan khasiat untuk memperkuat tulang dan mencegah terjadinya osteoporosis. Dimana didalamnya terdapat kandungan kalsium 91 miligram kalsium untuk tiap 100 gram kolang-kaling, dimana ini sangat bermanfaat  dalam memenuhi kebutuhan kalsium pada tubuh, dan Kamu dapat menjadikannya buah kolang kaling ini sebagai alternatif pengganti susu.

6. Kaya akan kalsium

Buah kolang kaling yang kaya akan kalsium sangat baik untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan tentunya seperti terjadinya masalah kesehatan tulang, gigi dan persendian tubuh yang tidak dapat berfungsi seperti sedia kala. Buah kolang kaling ini dapat Kamu jadikan sebagai konsumsi sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan kalsium, utamanya untuk sebagian orang yang alergi pada susu sapi. Dengan mengkonsumsi 100-200 gram kolang kaling dalam sehari, yang tentunya tanpa pemanis buatan ataupun pewarna maka bermanfaat untuk mencegah dan mengobati masalah pada radang persendian.

7. Melancarkan Pencernaan

Kandungan serat kasar yang terkandung pada buah kolang-kaling hingga 39%, dimana ini berkhasiat agar dapat melancarkan pencernaan tubuh, kandungan serat disertai karbohidrat yang cukup tinggi membuat kolang kaling bermanfaat untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari, selain juga dapat melancarkan pencernaan, dimana Kamu akan dapat lebih mudah dan teratur dalam pembuangan air besar, serta khasiat buah kolang kaling ini juga baik untuk menghindari terjadinya obesitas atau kegemukan pada tubuh.

8.  Sebagai Obat gatal-gatal.

Buah Kolang kaling memang sudah diragukan lagi sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh, akan tetapi getah pada kolang kaling juga katanya memiliki manfaat untuk dijadikan obat gatal pada tubuh. Akan tetapi untuk menerapkan ini dibutuhkan tutorial dari orang yang sudah dan pengalaman dalam mengobati gatal dengan buah kolang kaling.

Pengolahan buah kolang-kaling

Untuk pemilihan bahan, maka utamakan pilih buah aren yang setengah masak, dimana ciri-cirinya adalah warna kulit yang terlihat masih hijau segar. Buah aren tersebut Kamu lepas satu per satu dari untaiannya, kemudian dimasukan ke dalam wadah.

Untuk bagian pembakaran ataupun perebusan buah Aren, maka terdapat dua buah cara tersebut dalam mengolah kolang-kaling, dengan membakar atau merebusnya maka ini bertujuan untuk menghilangkan lendir buah, yang dimana lendir buah tersebut bisa menyebabkan gatal pada kulit. Untuk pelepasan kulit biji aren, maka pada kulit biji yang berwarna kuning dilepas dengan memakai pisau, biji yang sudah terlepas tersebut kemudian dicuci dengan air bersih.

Untuk perendaman biji aren, maka Kamu dapat menyiapkan sebuah baskom, kemudian isi dengan air kapur, setelah itu rendam biji aren yang sudah bersih tersebut ke dalam air kapur dengan waktu selama 2-3 hari. Tujuan dari melakukan hal ini adalah agar semua kotoran terdapat pada biji buah aren akan diendapkan, sehingga terlepas dari buah.

Semoga bermanfaat.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar