SENI BUDAYA



SENI BONSAI INDONESIA


Image result for gambar bonsai

Indonesia adalah bumi nusantara yang dikaruniai persada yang sarat dengan berbagai ragam tanaman yang siap diolah menjadi karya seni yang indah. Alam dan lingkungan yang khas Indonesia ini mendorong serta untuk menciptakan karya seni bonsai yang mencerminkan ciri atau kepribadian Indonesia. Dimasa mendatang kita harus sanggup menampilkan beragam karya unggulan bonsai dengan jati diri Indonesia. Indonesia sebagai Negara besar dengan penduduk lebih dari 200 juta orang dan terletak di daerah khatulistiwa, mempunyai iklim tropis dengan kekayaan flora yang terdiri dari berbagai macam-macam jenis tanaman adalah merupakan lumbung bahan bonsai. Konon seseorang yang menggemari bonsai dapat menimbulkan kasih sayang, sabar, saling menghargai, tekun, ulet dan rasa seni yang tinggi serta dapat menciptakan kelembutan alami yang mempesona.
Dalam rangka menyongsong perkembangan seni bonsai ini maka para penggemar bonsai di indonesia mempunyai prakarsa untuk membentuk perkumpulan penggemar bonsai Indonesia (PPBI) yang didirikan di Jakarta pada tanggal 31 agustus 1979 dan diketuai oleh bapak Soegito Sigit (Alm.) yang selanjutnya dikenal dengan bapak perintis bonsai Indonesia.
Dalam membina potensi ekonomi bonsai, PPBI terutama meningkatkan promosi dan pemasaran bonsai baik didalam maupun di luar negri dengan tujuan membuka peluang ekspor. Perkembangan yang sangat menggembirakan dalam setiap tahun cabang-cabang PPBI di daerah-daerah berlomba untuk menunjukan kemajuan dalam perkembangan seni bonsai di daerah tersebut.
Sejalan dengan aktivitas didaerah-daerah, maka PPBI telah mempunyai program agar masing-masing cabang PPBI dapat didirikan sentra-sentra bonsai yang berfungsi sebagai tempat pameran, pemasaran bonsai dan obyek wisata seni.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KHUTBAH JUM'AT

CARA SEHAT DENGAN NATURAL

KHUTBAH JUM"AT