Kamis, 15 Agustus 2024

KHUTBAH JUM'AT

 

Khutbah Idul Adha 1445 H. ( 2024 )

 

الله أكبر (×9)
اللهُ أَكْبَرُ كَبِيْرًا، وَالْحَمْدُ للهِ كَثِيْرًا، وَسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَأَصِيْلًا. لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ، صَدقَ وَعْدَهُ، وَنَصَرَ عَبْدَهُ، وَأَعَزَّ جُنْدَهُ، وَهَزَمَ الْأَحْزَابَ وَحْدَهُ. لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَلَا نَعْبُدُ إِلَّا إِيَّاهُ، مُخْلِصِيْنَ لَهُ الدِّيْنَ وَلَوْ كَرِهَ الْكَافِرُونَ. لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَاللهُ أَكْبَرُ، اللهُ أكبرُ وللهِ الْحَمْدُ.
اَلْحَمْدُ للهِ حَاكِمَ الْحُكَّامِ، جَاعِلِ النُّوْرِ وَالظَّلَامِ، وَجَعَلَ هَذَا الْيَوْمِ عِيْدًا لِلْإِسْلَامِ، وَحَرَّمَ عَلَيْنَا الصِّيَامِ. أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، اَلَّذِى أَمَرَناَ بِذَبِيْحَةِ الْقُرْباَنِ، اِتِّبَاعًا لِسَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمُ عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ. وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا وَنَبِيَّنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ أَفْضَلُ الْأَنَامِ وَمِصْبَاحُ الظَّلَامِ. اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ الْكِرَامِ، صَلَاةً وَسَلَامًا دَائِمَيْنِ مُتَلَازِمَيْنِ عَلَى مَمَرِّ الدُّهُوْرِ وَالْأَيَّامِ. أَمَّا بَعْدُ،
فَيَا عِبَادَ اللهِ اِتَّقُوا اللهَ وَأَطِيْعُواهُ وَكَبِّرُوْهُ تَكْبِيْرًا.
اَللهُ أَكْبَرُ، اَللهُ أَكْبَرُ، اَللهُ أَكْبَرُ، لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَاللهُ أَكْبَرُ، اَللهُ أَكْبَرُ وِللهِ الْحَمْدُ.

Kaum muslimin wal muslimat, ‘aidin wal ‘aidat rahimakumullah.

Gema takbir, tahmid, dan tahlil berkumandan memenuhi ruang-ruang Masjid dan Mushollah, bahkan memenuhi relung-relung jiwa ummat Islam, di seantero dunia. dalam rangka menyambut datangnya Hari Raya Idul Adha yang penuh dengan keberkahan.  Syukur Alhamdulillah, kita semua dapat berjumpa kembali dengan Hari Raya Idul Adha ini dalam keadaan sehat wal afiat. Seraya mengumandangkan Takbir, tahli, dan Tahmid. Langkah kaki kita menghadiri shalat ied ini merupakan bukti bahwa kita masih dikaruniai nikmat kesehatan dan keimanan, dua nikmat yang sangat besar sekali nilainya, tanpa bisa digantikan oleh selainnya. Semoga nikmat tersebut tetap kita peroleh sampai nyawa berpisah dari badan ini. Serta diberi hidayah, untuk mensyukurinya. Amin ya rabbal alamin.

Sementara sebagian dari saudara-saudara kita, sedang berjuang , memenuhi perintah Allah swt., memenuhi Rukun Islam yang ke-5, yaitu menunaikan ibadah Haji, di Makatul Mukarromah, dan Madinatul Munawarromah. Smoga mereka diberi kesehatan, kekuwatan, dan keselamatan. Sehingga bisa kembali berkumpul dengan kita, dengan predikat haji Mabrur dan Mabruroh. Amiiin ya Robbal ‘alamiiin.

Ma’asyirol Muslimin Sidang Idul Adha, RK :

Hari ini kita memasuki Hari Raya Idul Adha 1445 H. Dimana Hari Raya ini , dikatakan dengan Idul Adha karena pada hari raya ini dan tiga hari sesudahnya, yang  disebut dengan Hari Tasyrik, kita semua diserukan untuk memotong hewan qurban yang merupakan bentuk ketundukan dan kepasrahan kita kepada Allah SWT Dzat Yang Kuasanya tiada terbilang dan tiada terhingga.

Allah SWT berfirman:

فصل لربك وانحر

“Sholatlah kamu kepada Rabb-mu dan berqurban-lah” (QS. Al-Kautsar: 2)

Menurut  Mazhab Imam Syafi’i, memotong hewan qurban itu hukumnya sunnah muakkadah, artinya sunnah yang dikuatkan, Meskipun ada imam madzhab yang mewajibkannya.

Meskipun hukumnya sunnah muakkadah, namun bagi orang mampu yang tidak berqurban, Rasulullah mengingatkan dengan keras:

مَنْ كَانَ لَهُ سِعَةٌ فَلَمْ يُضْحِ فَلْيَمُتْ إِنْ شَاءَ يَهُوْدِيًّا أَوْ نَصْرَانِيًّا

“Barangsiapa yang mempunyai kemampuan (untuk berqurban) tetapi tidak melakukannya maka silakan mati dalam keadaan yahudi atau nasrani.” Dalam riwayat lain:

مَنْ كَانَ لَهُ سِعَةٌ فَلَمْ يُضْحِ فَلاَ يَقْرَبَنَّ مُصَلاَّنَا

“Barangsiapa yang mempunyai kemampuan (untuk berqurban) tetapi tidak melakukannya maka janganlah mendekati tempat shalat kami.”

Oleh karena itu, sudah saatnya,  kita sebagai orang yang mengaku beriman kepada Allah SWT dan Rasul-Nya untuk memenuhi panggilan berqurban tersebut.

Lebih- lebih bagi kita, yang mempunya sumber keuangan yang melimpah, tiap bulan menerima uang puluhan juta rupiah, maka selayaknya, kita sisihkan tiap bulan, untuk membeli hewan kurban, sebagai rasa syukur kita kepada Allah swt, atas rizki yang kita terima, berupa binatang ternak.

Allah swt. berfirman :

(#rßygô±uŠÏj9 yìÏÿ»oYtB öNßgs9 (#rãà2õtƒur zNó$# «!$# þÎû 5Q$­ƒr& BM»tBqè=÷è¨B 4n?tã $tB Nßgs%yu .`ÏiB ÏpyJÎgt/ ÉO»yè÷RF{$# ( (#qè=ä3sù $pk÷]ÏB (#qßJÏèôÛr&ur }§Í¬!$t6ø9$# uŽÉ)xÿø9$# ÇËÑÈ      

28. Supaya mereka menyaksikan berbagai manfaat bagi mereka dan supaya mereka menyebut nama Allah pada hari yang telah ditentukan, atas rezki yang Allah telah berikan kepada mereka berupa binatang ternak. Maka makanlah sebahagian daripadanya, dan (sebahagian lagi) berikanlah untuk dimakan oleh orang-orang yang sengsara dan fakir-miskin.

Kaum muslimin wal muslimat, ‘aidin wal ‘aidat rahimakumullah.


Pelaksanaan qurban yang dilakukan oleh umat Islam, selain sebagai bentuk kepatuhan dan kepasrahan kepada Allah serta sebagai upaya pendekatan diri kepada-Nya (taqarrub ilallah), juga ada hikmah yang berdampak kemashlahatan bagi umat manusia. Di antara hikmah yang bisa kita petik adalah:

1.  Meneladani kesabaran dan keikhlasan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail ‘alaihimas salam,  dalam menerima cobaan dan ujian

2.  Menumbuhkan sifat kedermawanan, saling membantu (ta’awun), saling berkasih sayang (tarahum), dan terbinanya solidaritas sosial di kalangan umat Islam

3.  Menumbuhkan semangat berkorban di kalangan kaum muslimin dam menghadapi tantangan hidup.

 

 Kaum myuslimin Rohimakumul :


Hikmah pertama, yakni meneladani kesabaran Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail ‘alaihimas salam,  dalam menerima cobaan dan ujian. Sebagaimana diceritakan dalam kitab suci Alquran bahwa Nabi Ibrahim ‘alaihis salam belum dikaruniai seorang anak sampai usianya lanjut sehingga beliau sangat ingin dikaruniai seorang anak dan senantiasa berdoa agar keinginan tersebut dikabulkan oleh Allah Ta’ala:

رَبِّ هَبْ لِي مِنَ الصَّالِحِيْنَ

“Wahai Tuhanku berilah aku putra

yang shalih” (QS as-Shaffat: 100)

Akhirnya Allah SWT menjawab dan mengabulkan doa beliau setelah sekian lama. Namun setelah beliau memperoleh seorang putra dan putranya itu berumur antara 9–11 tahun, Allah SWT memintanya kembali untuk dijadikan qurban sebagai persembahan.

Tidak mudah bagi seseorang yang sudah sekian lama mendambakan seorang anak, tapi setelah anak itu lahir dan di usia yang sedang lucu-lucunya, diperintahkan untuk mengorbankannya. Secara manusiawi perintah tersebut sulit sekali untuk dipenuhi.

Tapi Nabi Ibrahim tidaklah demikian. Perintah tersebut diterimanya dengan penuh ketaatan dan kepasrahan. Sikap tersebut muncul karena keimanan yang total kepada Allah Ta’ala, bahwa semua perintah-Nya tidak lain adalah untuk kemaslahatan umat manusia.

Bahwa semua yang ada pada diri manusia tidak lain pada hakekatnya merupakan milik Allah swt.  Apabila Allah memerintahkan untuk mengorbankannya, maka pada hakekatnya itu adalah mengembalikan sesuatu yang dititipkan kepada  umat manusia, kemudian harus dikembalikan pada pemiliknya yang hakiki, yaitu  Allah swt.

Sebelum melaksanakan perintah tersebut, Nabi Ibrahim merundingkan pada anaknya yaitu nabi Ismail. Sebuah contoh mulia bagaimana orang tua memusyawarahkan dengan anaknya terhadap sesuatu keputusan yang akan berakibat dan berdampak pada anak tersebut.

فَلَمَّا بَلَغَ مَعَهُ السَّعْيَ قَالَ يَا بُنَيَّ إِنِّي أَرَى فِي الْمَنَامِ أَنِّي أَذْبَحُكَ فَانْظُرْ مَاذَا تَرَى قَالَ يَا أَبَتِ افْعَلْ مَا تُؤْمَرُ سَتَجِدُنِي إِنْ شَاءَ اللَّهُ مِنَ الصَّابِرِينَ

“Maka tatkala anak itu sampai usia remaja,  Bapaknya berkata: “Hai anakku sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka fikirkanlah apa pendapatmu!” Ia menjawab: “Hai bapakku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu; insya Allah kamu akan mendapatiku termasuk orang-orang yang sabar.”              (QS Ash-Shaffat : 102)

Sungguh sangat mengagumkan seorang ayah yang sanggup menjalankan perintah mengorbankan anak satu-satunya yang sudah didambakan kelahirannya sekian lama.

Lebih mengagumkan lagi adalah sikap anak tersebut yang penuh keyakinan dan kesabaran mendorong ayahnya untuk menjalankan perintah tersebut. Meskipun ia harus mengorbankan nyawanya.

Ketika kepasrahan dan ketundukan yang luar biasa dari nabi Ibrahim dan nabi Islamil ‘alaihimas salam dalam menerima perintah tersebut, rupanya itu merupakan ujian dari Allah kepada mereka berdua. Maka tatkala mereka siap untuk melaksanakan perintah itu, Allah menggantinya dengan seekor domba yang besar.

!$£Jn=sù $yJn=ór& ¼ã&©#s?ur ÈûüÎ7yfù=Ï9 ÇÊÉÌÈ   çm»oY÷ƒy»tRur br& ÞOŠÏdºtö/Î*¯»tƒ ÇÊÉÍÈ   ôs% |Mø%£|¹ !$tƒöä9$# 4 $¯RÎ) y7Ï9ºxx. ÌøgwU tûüÏZÅ¡ósßJø9$# ÇÊÉÎÈ   žcÎ) #x»yd uqçlm; (#às¯»n=t7ø9$# ßûüÎ7ßJø9$# ÇÊÉÏÈ   çm»oY÷ƒysùur ?xö/ÉÎ/ 5OŠÏàtã ÇÊÉÐÈ  

 

 “Tatkala keduanya telah berserah diri dan Ibrahim membaringkan anaknya atas pelipis(nya), (nyatalah kesabaran keduanya). Dan Kami panggillah dia: “Hai Ibrahim, sesungguhnya kamu telah membenarkan mimpi itu”, sesungguhnya demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik. Sesungguhnya ini benar-benar suatu ujian yang nyata. Dan Kami tebus anak itu dengan seekor sembelihan yang besar.” (QS ash-Shaffat: 103-107)

Kepasrahan dan ketundukan nabi Ibrahim dan nabi Ismail ‘alaihimas salam dalam menerima dan menjalankan perintah Allah SWT merupakan contoh terbaik yang patut menjadi teladan kita umat Islam.

Saat ini banyak sekali umat Islam yang seakan tidak peduli dengan perintah Allah SWT di dalam ajaran agama.

Perintah Allah SWT dipilah dan dipilih untuk ditaati dan diimani. Mana perintah yang sesuai dengan kepentingan dan keinginannya, maka ia akan menjalankan perintah tersebut. Tapi jika sebaliknya, ia menganggap angin lalu saja perintah tersebut.       Kepasrahan dan ketundukan total kepada Allah Dzat Yang Mahakuasa saat ini merupakan sesuatu yang sulit ditemukan di kalangan umat Islam.

Oleh karena itu, melalui momentum Idul Adha ini saya mengajak kita semua umat Islam untuk meneladani nabi Ibrahim dan nabi Ismail dalam menerima dan menjalankan perintah Allah SWT, yaitu dengan penuh kepasrahan dan ketundukan. Karena semua perintah Allah apabila dilaksanakan secara benar pasti akan membawa kemanfaatan dan kemaslahatan pada orang yang menjalankan perintah tersebut.

 

الله أكبر (×3) لا إله إلا الله والله أكبر، الله أكبر ولله الحمد

Kaum muslimin wal muslimat, ‘aidin wal ‘aidat rahimakumullah.

Tidak mudah mengeluarkan uang  jutaan  rupiah, untuk  membeli

hewan  kurban, walapun tabungan-nya  puluhan, bahkan ratusan juta rupiah. Kecuali  orang-orang  yang ikhlas dan pasrah. Atas rizki yang Allah berikan.

 

Bagi jamaah yang sampai pagi ini belum ada niyatan untuk beribadah kurban, padahal uang di tabungan, masih puluhan, bahka  ratusan juta rupiah, masih ada waktu 3 hari ke depan, yaitu hari tasyrik, untuk berfikir ulang, melepaskan sebagian dari  tabungan kita, untuk dibelikan hewan kurban. Insya Allah, rizki yang kita keluarkan, Allah ganti di hari-hari kemudian.

 

الله أكبر (×3) لا إله إلا الله والله أكبر، الله أكبر ولله الحمد

Ma’asyirol muslimin RK :

 

Pesan ibadah qurban yang kedua adalah menumbuhkan sikap ta’awun (saling membantu antar sesama umat manusia), khususnya di kalangan umat Islam.

Penyembelihan hewan qurban jangan hanya dilihat semata-mata dari aspek penyembelihannya saja. Tapi juga harus dilihat bahwa penyembelihan itu merupakan simbol perilaku kedermawanan dan solidaritas sosial di antara umat manusia.

Rasulullah SAW telah mencontohkan pentingnya solidaritas tersebut, salah satunya melalui upaya mempersaudarakan orang-orang Muhajirin dan Anshar. Orang-orang Anshar bersedia memberikan sebagian bahkan setengah dari hartanya kepada kaum Muhajirin yang kebetulan ketika mereka pindah dari Makkah ke Madinah tidak sempat membawa apa-apa. Bahkan, kaum Anshar cenderung lebih mementingkan keperluan kaum Muhajirin daripada keperluan mereka sendiri. Sikap tersebut mendapat pujian dari Allah seperti disebut dalam Alquran surat al-Hasyr ayat 9:

“Dan orang-orang yang telah menempati Kota Madinah dan telah beriman (Anshar) sebelum (kedatangan) mereka (Muhajirin), mereka mencintai orang yang berhijrah kepada mereka. Dan mereka tiada menaruh keinginan dalam hati mereka terhadap apa-apa yang diberikan kepada mereka (orang Muhajirin); dan mereka mengutamakan (orang-orang Muhajirin), atas diri mereka sendiri. Sekalipun mereka memerlukan (apa yang mereka berikan itu)”.

Sikap seperti ini sangat dibutuhkan pada masa sekarang. Misalnya menyisihkan sebagian penghasilan untuk didonasikan kepada mereka yang membutuhkan, sesuai sabda Nabi SAW:

وَمَنْ كَانَ لَهُ فَضْلُ زَادٍ فَلْيَعُدْ بِهِ عَلَى مَنَ لاَ زَادَ لَهُ ]رواه مسلم

“Barangsiapa yang memiliki kelebihan bekal hidup maka hendaklah mendonasikan kepada orang yang tidak punya bekal hidup”. (HR Muslim)

الله أكبر (×3) لا إله إلا الله والله أكبر، الله أكبر ولله الحمد

Kaum muslimin wal muslimat, ‘aidin wal ‘aidat rahimakumullah.

Pesan ibadah qurban yang ketiga adalah menumbuhkan semangat berkorban, khususnya di kalangan kaum muslimin. Tanpa adanya pengorbanan tidak mungkin dapat mencapai sesuatu yang diinginkan. Kemerdekaan negara Indonesia tercinta ini diperoleh tidak lain adalah merupakan hasil dari pengorbanan para ulasma, para santri, para pahlawan, yang telah rela mengorbankan jiwa dan raganya dalam merebut kemerdekaan dari tangan-tangan  penjajah.

Oleh karena itu, sudah sepantasnya kita yang hidup menikmati kemerdekaan tersebut menjaga dan merawat dengan baik negara ini. Maka  ketika ada satu- dua orang tau satu kelompok, menjadi pengkhianat di negri ini, dengan menggelar karpet merah kepada orang-orang asing untuk masuk di negeri ini, kita wajib marah untuk mempertahankan kedaulatan dan kemerdekaan. Kita harus mau berkorban demi keutuhan  negara ini. Tantangan dan ujian seberat apapun hendaknya tidak akan menggoyahkan semangat berkorban demi terjaganya negara tercinta ini. Di atas pundak kita,  umat Islam Indonesia, terpikul dua tanggung jawab sekaligus yaitu tanggung jawab keislaman (Mas-uliyah Islamiyah) dan tanggung jawab kebangsaan (Mas-uliyah Wathaniyah). Dua tanggungjawab yang tidak bisa dipisahkan antara satu dan lainnya.

إِنَّ أَحْسَنَ الْكَلَامِ كَلَامُ اللهِ الْمَلِكِ المْنَاَّنِ، وَبِهِ يَهْتَدِي الْمُهْتَدُونَ. أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ. يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ ادْخُلُواْ فِي السِّلْمِ كَآفَّةً وَلاَ تَتَّبِعُواْ خُطُوَاتِ الشَّيْطَانِ إِنَّهُ لَكُمْ عَدُوٌّ مُّبِينٌ.
بَارَكَ اللهُ لِيْ وَلَكُمْ فِي الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ، وَنَفَعَنِيْ وَإِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ اْلآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ، وَتَقَبَّلَ اللهُ منِّيْ وَمِنْكُمْ تَلاَوَتَهُ إِنّهُ هُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ، أَقُوْلُ قَوْلِيْ هَذَا وَأَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمَ، لِيْ وَلَكُمْ وَلِسَائِرِ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ,

فَاسْتَغْفِرُوْهُ، إِنَّهُ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمِ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KESEHATAN

  TENTANG PERANGKAT AJAR KESEHATAN   Permasalahan kesehatan pada anak usia sekolah dan remaja sangat luas dan perlu mendapat intervensi pada...